Saturday, March 7, 2020

Setelah Lulus SMK Mending Kerja atau Kuliah?

Setelah Lulus SMK Mending Kerja atau Kuliah?

Setelah Lulus SMK Mending Kerja atau Kuliah?
Mending Ini Mendi Itu
Banyak dari siswa smk khususnya siswa kelas 12 merasa bimbang ketika sudah lulus, mereka dihadapkan dengan tiga pilihan yaitu, kuliah, kerja atau nganggur :v

Seperti yang kita tahu bahwa secara umum siswa smk itu dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Dalam 3 tahun masa belajar, siswa smk lebih banyak praktek daripada teori. Artinya siswa smk pada dasarnya sudah dibekali dengan kemampuan hardskill.

Baca Juga : PKL itu Ngapain Aja Apakah Hanya Disuruh-Suruh?

Kemampuan hardskill ini merupakan hasil yang diperoleh dari keseriusan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar selama di sekolah. Jika diantara kalian merasa tidak memiliki kemampuan apapun ketika lulus, maka kamu perlu koreksi diri.

Lantas pilihan mana yang terbaik, kuliah atau kerja?

Oke ini merupakan dua pilihan nyata yang harus kalian hadapi saat sudah lulus. Berbicara mana yang terbaik, menurut saya keduanya merupakan pilihan terbaik. Mungkin kalian berfikir kalau lanjut kuliah merupakan pilihan paling tepat. Dengan angan-angan karir akan lebih terjamin.

Tapi tunggu dulu, mari kita sama-sama lihat fakta yang ada sekarang. Kalian pasti sudah sering mendengar cerita orang sukses yang hanya lulusan sma/smk. Sangat banyak orang sukses di luar sana yang bahkan tidak pernah kuliah.

Justru banyak sarjana yang nganggur atau bekerja di bidang yang berseberangan dengan gelarnya.

Saya tidak bermaksud mengajak kalian untuk tidak kuliah dan saya tidak mengatakan bahwa kuliah itu tidak penting. Saya pribadi saat ini juga sedang kuliah.

Baca Juga : Hal-hal yang Harus Disiapkan Saat Masuk TKJ

Di sini saya hanya mengingatkan ke kalian bahwa kuliah itu bukan satu-satunya jalan menuju sukses. Kuliah merupakan satu cara menuju sukses, ingat satu cara. Jadi ada banyak jalan atau cara lain untuk menjadi sukses.

Untuk kamu yang tidak bisa lanjut kuliah karena masalah ekonomi, angkat kepalamu dan jangan patah semangat. Kamu masih punya kemampuan hardskill yang diperoleh saat smk. Asah kemampuan itu dan yakin kamu mampu sukses.

Lulusan SMK mau Jadi apa?

Kalau sarjana saja banyak yang nganggur terus lulusan smk mau jadi apa?

Tunggu dulu kawan, jangan berpikir negatif dulu. Kemampuan hardskill yang kalian dapatkan selama tiga tahun bisa dimanfaatkan. Kamu bahkan bisa menjadi pengusaha sukses.

Baca Juga : Pengalaman Horor Saat Menjadi Siswa TKJ

Contoh, kamu merupakan lulusan smk jurusan tkj. Anggap kamu bisa instal ulang, rakit pc, konfigurasi router. Dengan kemampuanmu itu kamu bisa buka jasa service komputer. Mulai aja dari hal sederhana, saat ada teman punya laptop yang bermasalah kamu coba bantu dia.

Kamu bisa juga buat usaha hotspot area, dengan menawarkan akses internet ke tetangga. Kamu bisa menawarkan paket internet dengan berbagai pilihan kecepatan dan masa berlaku. Alat yang perlu kamu siapkan diantaranya router, access point dan kabel.

Kurang lebih dana yang perlu disiapkan sekitar 2 jutaan. Untuk router kamu bisa pakai router yang biasa aja, cukup 600 ribuan juga sudah mampu.

Buat kalian yang jago dan suka desain, kamu bisa mulai dengan usaha jasa edit foto, desain logo, desain banner atau lainnya.

Sebenarnya banyak banget skill IT yang bisa kamu jual, coba kenali diri kamu dan temukan usaha apa yang cocok untuk kamu jalankan.

Seorang mahasiswa teknik yang tertarik dalam dunia digital dan ingin berbagi ilmu ke banyak orang.


EmoticonEmoticon