Sunday, January 5, 2020

Tips Sukses Saat PKL Untuk Anak TKJ

Tips Sukses Saat PKL Untuk Anak TKJ

Tips Sukses Saat PKL Untuk Anak TKJ
PKL
Metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah smk memang berbeda dengan sma. Sekolah smk bisa dibilang lebih banyak praktek dibanding teori. Hal ini memang sejalan dengan tujuan sekolah smk yakni mempersiapkan anak didik untuk langsung ke dunia kerja.

Perlu diketahui bahwa saya merupakan lulusan smk tepatnya jurusan tkj. Apabila ingin membaca pengalaman saya saat smk bisa baca di artikel pengalaman horor saat menjadi siswa tkj.

Anak smk ketika kelas 11 tidak lepas dengan yang namanya kegiatan pkl (praktek kerja lapangan). Kegiatan pkl ini bersifat wajib untuk siswa kelas 11 sekaligus sebagai syarat naik kelas. Saya sendiri pernah menjalani pkl selama 3 bulan.

Baca : PKL Itu Ngapain Aja Apa Hanya Disuruh-Suruh?

Buat kalian yang saat ini akan atau sedang melaksanakan kegiatan pkl saya yakin pasti deg-degan. Saya juga pernah mengalami momen tersebut. Tapi tenang guys, di artikel ini saya bakal berbagi tips sukses saat pkl khususnya untuk anak tkj.

Berani Bertanya

Saya sarankan ke kalian apabila disuruh mengerjakan sesuatu yang belum paham lebih baik kalian bertanya. Biasanya sebagian siswa ada yang tidak yang tidak berani atau malu bertanya padahal dia belum paham dengan yang dia kerjakan.

Alhasil pekerjaan tidak sesuai yang diharapkan dan yang ada malah kena omel dari pembimbing dan karyawan.

Jadi saya tekankan ke kalian apabila belum paham maka bertanyalah, pembimbing dan karyawan lain pasti akan menjelaskan apa saja yang harus dilakukan.

Mengakui Kesalahan

Apabila kalian terlanjur melakukan kesalahan akan lebih baik jika kalian mengakui kesalahan yang dilakukan. Berat memang mengakui kesalahan dan pasti akan ada konsekuensi yang diberikan.

Jujur itu lebih baik dan mengakui kesalahan merupakan simbol jiwa yang kuat. Apabila kalian berani mengakui kesalahan yang dilakukan pasti pembimbing akan memberikan nilai baik terhadap sikap kalian.

PKL itu bukan hanya mengasah hardskill saja. Softskill dan kemampuan mental juga perlu kalian asah. Bersikap jujur merupakan salah satu kemampuan mental yang harus kalian terapkan. Toh nanti di dunia kerja kejujuran merupakan hal yang sangat penting.

Masuk Tepat Waktu dan Ikuti Peraturan

Hal ini harus menjadi perhatikan kalian, terutama untuk kalian yang suka telat. Kalian pasti nggak mau kan di cap sebagai pemalas. Oleh karena itu, saat pkl kalian harus bisa tepat waktu untuk masuk. Jika kalian sering telat maka pembimbing akan melabel kalian sebagai siswa pemalas. Hal ini akan berdampak pada nilai kalian.

Baca : 5 Macam Klasifikasi Jaringan Komputer

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting adalah mengikuti peraturan yang ada di tempat kerja. Kalian harus memahami betul hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di ruang kerja. Misalnya membawa makanan atau minuman ke meja kerja. Biasanya di beberapa tempat hal tersebut dilarang dengan alasan untuk menjaga kebersihan ruang kerja.

Menjalin Komunikasi Dengan Orang-Orang di Lingkup Kerja

Saat kalian pkl di suatu tempat kerja itu berarti kalian menjadi bagian di tempat itu pula. Oleh karena itu, kalian harus bisa menjalin komunikasi dengan orang-orang di sekitar lingkup kerja. Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi dampaknya cukup besar.

Dengan menjalin komunikasi, hal itu menandakan kalian orang yang ramah dan terbuka. Ini akan membuat orang di sekitar tidak ragu untuk memberikan tugas ke kalian.

Selain itu, dengan menjalin komunikasi kalian menjadi tidak segan untuk bertanya tentang kesulitan yang dialami.

Berdoa Sebelum Memulai Kegiatan

Apapun agama kalian alangkah baiknya untuk selalu berdoa terutama sebelum memulai kegiatan mulia.

Kunci sukses utama pkl merupakan doa karena kesuksesan itu datangnya dari tuhan. Jika hanya kerja keras, tanpa diiringi dengan doa maka kesuksesan akan sulit datang.

Biasanya di beberapa tempat pkl berdoa sebelum kegiatan sudah menjadi hal rutin yang dilakukan. Tapi apabila di tempat pkl tidak ada hal semacam itu kalian bisa melakukan sendiri.

Seorang mahasiswa teknik yang tertarik dalam dunia digital dan ingin berbagi ilmu ke banyak orang.


EmoticonEmoticon