Friday, December 27, 2019

PKL ITU NGAPAIN AJA APAKAH HANYA DISURUH-SURUH?

BERBAGI PENGALAMAN SAAT PKL

PKL ITU NGAPAIN AJA APAKAH HANYA DISURUH-SURUH?
Pengalaman PKL
Pada kesempatan ini gue bakal berbagi pengalaman saat dulu pkl selama 3 bulan. Mungkin pengalaman gue bisa memberi gambaran untuk kalian yang akan melaksanakan kegiatan pkl.

Perlu diketahui bahwa pengalaman pkl gue ini merupakan saat smk di jurusan tkj. Jadi kegiatan yang gue ceritakan disini lebih spesifik untuk jurusan tkj.
Pengalaman Horor Saat Menjadi Siswa TKJ 

Tempat PKL

Untuk tempat pkl itu merupakan pilihan gue dan teman-teman gue. Sebenarnya dari pihak sekolah sudah menawarkan pilihan tempat pkl, tapi gue mengusulkan tempat pkl sendiri. Ada dua orang teman yang ikut pkl bareng gue.

Gue pkl di salah satu universitas di kota gue. Universitas? Yes bener banget

Gue ditempatkan di biro teknologi dan informasi, tugas biro tersebut merupakan untuk mengatur, maintenance, membuat, dan troubleshoot jaringan komputer yang ada di seluruh fakultas.

Ruang kerja tempat pkl gue cukup luas, kurang lebih ukuran ruangannya itu seluas 10 x 20 meter dan dibagi menjadi 4 bagian.

Tugasnya Ngapain Aja?

Pertanyaan ini bisa dibilang paling banyak ditanyakan oleh siswa smk. Dulu sebelum pkl, gue juga bingung sebenarnya pkl itu tugasnya ngapain aja. Apakah hanya disuruh-suruh oleh karyawan untuk ngerjain kegiatan kayak bikin kopi, mijit atau fotocopy?

Gue nggak tau ditempat lain seperti apa, tapi berdasarkan pengalaman gue saat pkl, karyawan disana ramah dan menerima siswa pkl dengan baik. Setiap hari pasti ada tugas yang diberikan dan apabila tidak bisa pembimbing pasti akan membantu. Karyawan pasti akan memaklumi kesalahan yang dilakukan, dengan catatan kesalahannya nggak kebangetan :v

Oke gue bahas apa aja yang dilakukan saat gue dulu pkl

Jadi karena gue kebagian di biro teknologi dan informasi, kebanyakan tugas yang gue lakukan itu kayak benerin komputer, konfigurasi router, maintenance jaringan dan tugas lain yang berkaitan sama jurusan tkj.

Di tempat pkl, gue jarang banget yang namanya disuruh untuk ngerjain hal-hal yang nggak berkaitan sama jurusan tkj. Hanya sesekali gue dan teman gue disuruh kayak beli kertas atau fotocopy. Menurut gue itu hal yang wajar.

Sebulan Digaji Berapa?

Pasti buat kalian yang mau pkl bakal nyari info ini kan. Jujur saat dulu pkl gue nggak digaji.

Sebenarnya agak perasaan nggak enak, tapi mau gimana lagi kebijakan di tempat pkl gue seperti itu jadi gue jalanin aja. Toh dengan pkl di tempat itu nantinya juga bakal dapet pengalaman baru yang harganya nggak ternilai.

Memang di beberapa tempat ada yang memberikan gaji, contohnya kayak teman gue yang pkl di salah satu perusahaan di Jogja. Dia digaji sekitar 3 juta sebulan selama pkl. Gaji itu cukup besar untuk ukuran kerja magang. Ada juga teman gue yang dapat total 30 juta selama 3 bulan pkl.

Digaji atau nggak digaji itu berdasarkan kebijakan yang diterapkan di tempat pkl. Kalian bisa mencoba menanyakan dulu ke tempat pkl yang kalian minati.

Seorang mahasiswa teknik yang tertarik dalam dunia digital dan ingin berbagi ilmu ke banyak orang.


EmoticonEmoticon