Friday, December 6, 2019

Pengalaman Horor Saat Menjadi Siswa TKJ

Pengalaman Horor Saat Menjadi Siswa TKJ

Horor
Ini adalah pengalaman gue saat tiga tahun menjadi siswa TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Gue masuk smk tahun 2016 dan lulus tahun 2019. Sekolah gue bisa dibilang sebagai sekolah favorit, menurut penilaian gue sendiri sekolahnya cukup bagus. Walaupun sekolah swasta tapi bisa bersaing dengan smk negeri di kota gue, bahkan di tingkat provinsi peringkatnya masuk 10 besar sebagai smk terbaik.

Dari smp gue sudah senang banget main komputer, siang sampai sore gue habiskan untuk main komputer, karena itulah saat sudah lulus dari smp, gue masuk ke jurusan impian yaitu Teknik Komputer Jaringan.

Motivasi gue masuk jaringan itu bukan sebatas karena suka main komputer tapi juga pengin tahu dan mempelajari lebih banyak tentang komputer dan jaringan. Sering juga ada artikel yang membahas tentang prospek kerja lulusan jurusan tkj, dinama kebanyakan kedepannya cukup bagus. Hal itu yang membuat gue lebih termotivasi.

Selama sekolah di jurusan tkj cukup banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang gue dapatkan. Tidak hanya pengetahuan tentang teknologi tapi juga tentang agama, sikap di dunia kerja dan banyak hal lainnya. Menurut gue itu cukup penting mengingat lulusan siswa smk memang disiapkan untuk langsung bekerja. Tapi tidak menutup kemungkinan siswa smk untuk bisa kuliah.

Sesuai judul gue akan berbagi pengalaman horor gue saat menjadi siswa tkj. Horor yang dimaksud disini bukan melihat pocong atau kuntilanak, yang gue maksud itu tentang tugas-tugas yang membuat tidak bisa tidur.

Jurusan TKJ Tugasnya Banyak

Sebenarnya tidak hanya di jurusan tkj saja yang tugasnya banyak, gue yakin di jurusan lain pun tugasnya banyak. Selain banyak, yang menjadi pusing adalah tugasnya anti mainstream. 

Tugasnya itu tidak hanya dalam bentuk tulisan tapi juga langsung praktek. Contoh guru memberikan tugas instal sistem operasi menggunakan virtual box. Siswa diharuskan praktek dan apabila hasilnya gagal maka nilainya buruk. Disisi lain siswa juga harus membuat laporan dalam bentuk tulisan tentang proses tugas tersebut.

Dalam sehari bisa satu sampai tiga tugas yang diberikan, jangka waktu yang diberikan untuk mengerjakan tugas tersebut biasanya satu pekan. Gue selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Walaupun tugasnya banyak, gue merasa tidak terlalu terbebani karena kegiatan yang gue lakukan itu sesuai dengan hobi gue.

Satu pesan yang ingin gue sampaikan ke kalian yang berencana masuk ke jurusan tkj adalah kalian harus pahami apa motivasi dan hal-hal yang harus disiapkan untuk masuk jurusan tkj. Jangan sampai hanya karena suka main game menjadi merasa cocok untuk masuk ke jurusan tkj. Kalian harus suka tentang teknologi dan melek akan perkembangan teknologi.

Jurusan tkj sama sekali tidak membahas tentang game, kebanyakan ilmu yang didapatkan berkaitan tentang teknologi komputer dan jaringan komputer. Untuk masuk ke jurusan tkj setidaknya kalian harus tahu apa itu router dan tentang apa itu switch.

Praktek Kerja Lapangan

Pengalaman yang bakal gue ingat sepanjang hidup adalah pkl atau praktek kerja lapangan selama 3 bulan. Sebuah pengalaman yang tidak bakal didapat di jenjang SMA. Praktek kerja lapangan adalah waktu dimana siswa smk terjun ke dunia kerja, tujuannya untuk menambah pengalaman, ilmu, dan gambaran tentang dunia kerja.

Pkl merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas 11, kegiatan ini merupakan salah satu syarat untuk naik kelas.

Menurut gue ini merupakan momen yang sangat berkesan karena saat pkl, gue merasa seperti sudah bekerja. Ekspektasi akan dunia kerja yang selama ini gue bayangkan ternyata kenyataannya cukup berbeda.

Walaupun begitu, gue tetap menikmati masa-masa itu. Saat pkl ada satu hal pelajaran yang paling berkesan buat gue, yaitu kerja sama tim. Gue belajar ternyata kerja sama tim itu sangat penting dan dibutuhkan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Selama mengikuti pkl tidak ada yang namanya intimidasi atau pun bully. Karyawan dan atasan sangat ramah dan menerima siswa pkl dengan baik.

Tetap Ada Ulangan dan Tugas

Hal ini seakan menambah kesan horor ketika semasa smk. Walaupun dalam kegiatan pkl tetapi pihak sekolah tetap memberikan tugas dan bahkan ada ulangan yang berbasis online.

Mungkin ini salah satu cara pihak sekolah untuk memantau siswa yang sedang pkl. Gue sih tidak ambil pusing, walaupun ulangan toh berbasis online dimana tidak ada guru yang mengawasi jadi bisa ngerjain bareng temen, hehe :v

Singkat cerita, masa pkl sudah berakhir. Setelah itu, gue menjalani kegiatan sekolah seperti biasa. Penderitaan selama masa pkl ternyata tidak berakhir sampai disini.

Setelah kegiatan pkl berakhir siswa diwajibkan untuk membuat laporan dalam bentuk makalah. Jika tidak membuat laporan hukumannya adalah tidak naik kelas.

Dengan rasa optimis dan percaya diri gue memulai membuat laporan, satu per satu halaman gue kerjakan. Butuh waktu sekitar 3 minggu untuk menyelesaikan laporan tersebut. Setelah dirasa sudah benar gue memberanikan diri untuk mengajukan laporan ke pembimbing.

Alhamdulillah ternyata laporan gue tidak diterima, ternyata masih ada kesalahan seperti tanda baca dan kalimat yang tidak sesuai.

Ada sekitar dua kali laporan gue ditolak sampai saat pengajuan yang ketiga kali akhirnya laporan diterima. Sungguh itu merupakan pengalaman yang sangat luar biasa.

Naik ke Kelas 12

Setelah naik ke kelas 12 tidak banyak kegiatan yang bisa diikuti. Sebagai siswa tingkat akhir maka lebih fokus untuk mempersiapkan ujian.

Hanya ada satu tugas lagi yang wajib dilakukan di kelas 12 yaitu Kerja Proyek (KP). Kegiatan ini merupakan sebuah tugas akhir. Dalam kegiatan ini siswa diuji untuk menerapkan ilmu yang sudah didapat selama di smk.

Siswa diharuskan untuk membuat sebuah proyek sesuai dengan jurusan masing-masing. Contoh gue di jurusan tkj membuat proyek membangun server monitor berbasis cacti.

Setelah kegiatan kerja proyek tersebut selesai, kegiatan belajar sudah fokus untuk menghadapi ujian. Alhamdulillah gue lulus dengan cukup memuaskan.

Sekian cerita gue kali ini, silahkan berkomentar dan share cerita ini ke sosial media kalian.

Seorang mahasiswa teknik yang tertarik dalam dunia digital dan ingin berbagi ilmu ke banyak orang.


EmoticonEmoticon