Sunday, December 1, 2019

5 Jenis Topologi Jaringan Komputer : Pengertian dan Gambar

5 Jenis Topologi Jaringan Komputer

5 Jenis Topologi Jaringan Komputer : Pengertian dan Gambar
Klasifikasi Jaringan Komputer
Topologi jaringan adalah struktur dan metode yang digunakan untuk menghubungkan banyak komputer sehingga dapat terkoneksi dan bertukar data. Topologi jaringan diterapkan agar struktur jaringan tidak ngawur sehingga mudah dalam tahap instalasi maupun perawatan.

Dalam jaringan komputer setidaknya ada 5 topologi jaringan komputer yang umum digunakan. Pemilihan topologi jaringan akan mempengaruhi banyak hal, seperti biaya pemasangan, kecepatan koneksi, perawatan, dan lainnya.
5 Klasifikasi Jaringan Komputer
Biasanya teknisi jaringan akan memilih topologi jaringan berdasarkan kebutuhan jaringan. Apabila jumlah client tidak terlalu banyak maka topologi jaringan yang digunakan juga tidak terlalu besar.

Pengertian Topologi Jaringan Menurut Jafar Noor Yudianto

Topologi jaringan adalah suatu sistem yang terdiri atas sebuah beberapa komputer yang didesain untuk bisa saling berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan bisa mengakses informasi (peramban web).

Jenis Topologi Jaringan Komputer

Topologi Bus

5 Jenis Topologi Jaringan Komputer : Pengertian dan Gambar
Topologi Bus
Topologi ini bisa dibilang sebagai topologi paling sederhana tapi juga paling merepotkan. Sebab apabila terdapat masalah disalah satu komputer maka akan berdampak untuk komputer lainnya.

Topologi Bus biasa disebut dengan topologi backbone. Media transmisi yang umum digunakan pada topologi ini adalah kabel coaxial.

Kabel tersebut dibentangkan dan di dua ujung kabel terdapat alat untuk menutup yang bernama terminator.

Struktur topologi yang hanya mengandalkan satu buah kabel membuat topologi ini rawan mengalami masalah. Ibaratnya kabel tersebut adalah jalan yang menghubungkan dua desa dan ketika jalan tersebut rusak dan tidak bisa dilewati maka mobilitas kedua desa terganggu.

Kemungkinan akan terjadi tabrakan data (data collision) apabila banyak client yang
mengirim pesan dan ini akan menurunkan kecepatan komunikasi.

Konsep tersebut juga berlaku pada topologi bus. Apabila masalah tersebut sering terjadi sudah pasti hal tersebut akan mengganggu client. Oleh karena itu, saat ini topologi bus sudah jarang digunakan.

Topologi Ring

5 Jenis Topologi Jaringan Komputer : Pengertian dan Gambar
Topologi Ring
Biasa dikenal dengan istilah topologi cincin karena bentuknya melingkar membentuk seperti cincin. Semua komputer pada topologi ini dihubungkan dengan kabel.

Jalur transmisi hanya satu arah. Tiga fungsi yang diperlukan dalam topologi cincin adalah penyelipan
data, penerimaan data, dan pemindahan data

Penyelipan data adalah proses dimana data dimasukkan kedalam saluran transmisi oleh terminal pengirim setelah diberi alamat dan bit-bit tambahan lainnya.

Penerimaan data adalah proses ketika terminal yang dituju telah mengambil data dari saluran, yaitu dengan cara membandingkan alamat yang ada pada paket data dengan alamat terminal itu sendiri. Apabila alamat tersebut sama maka data kiriman disalin.

Pemindahan data adalah proses dimana kiriman data diambil kembali oleh terminal pengirim karena tidak ada terminal yang menerimanya (mungkin akibat salah alamat). Jika data tidak diambil kembali maka data ini akan berputar-putar dalama saluran. Pada jaringan bus hal ini tidak akan terjadi karena kiriman akan diserap oleh terminator.

Topologi Star

5 Jenis Topologi Jaringan Komputer : Pengertian dan Gambar
Topologi Star
Disebut topologi star atau bintang karena medianya bercabang dan membentuk sudut seperti cahaya bintang. Pada topologi ini terdapat sebuah alat yang bernama switch atau hub.
Pengertian dan Cara Kerja Switch
Swtich atau hub berperan sebagai pusat atau konsentrator. Alat tersebut berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya. Selain itu, switch juga berfungsi menghubungkan dengan router.

Selain menggunakan switch atau hub pada topologi star juga bisa menggunakan komputer sebagai pusat jaringan, biasanya komputer tersebut dikenal sebagai server.

Dapat dikatakan bahwa topologi star merupakan jenis topologi jaringan komputer yang paling umum digunakan. Hal ini karena proses pengiriman data sangat jarang terjadi kesalahan. Proses instalasi mudah, biaya perawatan dan instalasi juga murah. Mungkin faktor tersebut yang membuat topologi ini layak disebut sebagai topologi terbaik.

Kalaupun ada kesalahan atau kerusakan pada topologi ini, untuk menelusuri sumber masalah cukup mudah dan biayanya juga tidak mahal.

Topologi Tree

5 Jenis Topologi Jaringan Komputer : Pengertian dan Gambar
Topologi Tree
Setelah star selanjutnya ada tree, namanya makin aneh aja ya hehe :v

Topologi Tree merupakan pembaharuan dari topologi bus. Media transmisi merupakan satu kabel yang bercabang namun loop tidak tertutup.

Topologi pohon dimulai dari suatu titik yang disebut “headend”. Dari headend beberapa kabel ditarik menjadi cabang, dan pada setiap cabang terhubung beberapa terminal dalam bentuk bus, atau dicabang lagi hingga menjadi rumit.

Topologi Mesh

5 Jenis Topologi Jaringan Komputer : Pengertian dan Gambar
Topologi Mesh
Topologi Mesh adalah topologi yang tidak memiliki aturan dalam koneksi. Topologi ini biasanya timbul akibat tidak adanya perencanaan awal ketika membangun suatu jaringan.  Karena tidak teratur maka kegagalan komunikasi menjadi sulit dideteksi, dan ada kemungkinan boros dalam pemakaian media transmisi.

Disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya. Topologi ini membutuhkan teknologi khusus yang tidak dapat dibuat dengan pengkabelan, karena sistem yang rumit. Namun dengan teknologi wireless, topologi ini sangat memungkinkan untuk diwujudkan.

Seorang mahasiswa teknik yang tertarik dalam dunia digital dan ingin berbagi ilmu ke banyak orang.


EmoticonEmoticon