Thursday, November 7, 2019

Mengenal Teknologi Jaringan Nirkabel atau Wireless Connection

Mengenal Teknologi Jaringan Nirkabel atau Wireless Connection

Mengenal Teknologi Jaringan Nirkabel atau Wireless Connection
Teknologi Jaringan Nirkabel
Teknologi jaringan nirkabel merupakan koneksi antar dua perangkat tanpa kabel. Teknologi jaringan nirkabel ini bisa digunakan untuk jaringan pada jarak dekat maupun jarak jauh. Jenis jaringan yang termasuk dalam teknologi jaringan nirkabel adalah wlan dan wifi.

Sebuah perangkat yang bisa terkoneksi ke jaringan nirkabel harus terpasang sebuah perangkat wireless card. Perangkat tersebut berfungsi sebagai penangkap sinyal dari access point atau perangkat pemancar sinyal lainnya. Perlu diketahui bahwa wireless card termasuk dalam perangkat wajib ada di jaringan komputer.

Macam Teknologi Jaringan Nirkabel

Dalam teknologi jaringan nirkabel jika dikelompokan menurut cakupan jangkauan daerah maka dapat dikategorikan dalam 4 kelompok. Keempat kelompok tersebut adalah wireless personal area network (wpan), wireless local area network (wlan), wireless metropolitan area network (wman), dan wireless wide area network (wwan).

Wireless Personal Area Network

Jangkauan daerah wireless personal area network atau wpan hanya berjarak kurang dari 10 meter. Jaringan ini biasanya digunakan untuk mengirim data antara dua perangkat saja. Berdasarkan namanya, proses pengiriman data ini bisanya bersifat personal atau private.

Infrared dan bluetooth merupakan contoh teknologi jaringan wireless yang termasuk dalam kategori wpan.

Infrared merupakan generasi pertama dari teknologi jaringan wireless.. Teknologi ini dulu digunakan di perangkat hp generasi pertama. Saat ini bisa dibilang infrared tidak lagi digunakan di dunia jaringan wireless.

Bluetooth merupakan next generation dari teknologi infrared. Teknologi bluetooth dapat mengirim data dengan kecepatan yang lebih baik daripada infrared. Saat ini penggunaan teknologi bluetooth tidak hanya untuk pengiriman data tapi juga digunakan dalam menyalakan speaker, keyboard, mouse dan lainnya.

Wireless Local Area Network

WLAN merupakan jaringan nirkabel dengan jangkauan wilayah yang lebih luas dari wpan. Jaringan ini dapat menjangkau satu ruangan besar sekitar ukuran 10 x 10 meter.  Jaringan wlan mampu terkoneksi dengan banyak pengguna dan mampu mengirim data atau informasi dari satu pengguna ke banyak pengguna atau semua pengguna.

Dalam penerapannya jaringan wlan harus menggunakan perangkat access point sebagai pemancar sinyal sekaligus pengatur lalu lintas data.
Baca Juga : Pengertian Router Dalam Jaringan Komputer
Saat ini jaringan wlan sangat mudah kita temui dan bahkan dibeberapa tempat umum dapat diakses secara gratis.

Jika dibandingkan dengan jaringan kabel tentu jaringan wireless terutama wlan memiliki kelebihan terutama dalam hal kemudahan proses instalasi atau pemasangan. Hal ini karena dalam proses pemasangan, wlan tidak perlu merapikan kabel-kabel yang notabennya itu merupakan pekerjaan yang cukup menyita waktu.

Wireless Metropolitan Area Network

Jaringan ini merupakan kumpulan beberapa wlan, cakupan daerah wman bisa mencakup satu daerah. Jaringan wman memungkinkan koneksi antar gedung, biasanya jaringan wman diterapkan pada gedung pemerintahan atau gedung kampus yang jaraknya jauh.

Supaya antar pengguna jaringan bisa terhubung maka jaringan wman perlu ada perangkat antena outdoor. Pemilihan jenis antena outdoor yang dipakai tergantung dari kebutuhan dan infrastruktur jaringan yang digunakan.

Wireless Wide Area Network

Cakupan daerah jaringan wireless wan sangatlah luas, bisa mencakup satu kota bahkan provinsi. Sederhananya jaringan ini bisa dikatakan sebagai koneksi publik atau internet. Perangkat yang digunakan dalam jaringan ini adalah antena dan satelit untuk memancarkan sinyal. Jaringan ini menggunakan jaringan selular untuk transmisi data. Contoh sistem selular yang digunakan adalah GSM, GPRS, EDGE, LTE.

Sekian penjelasan tentang mengenal teknologi jaringan nirkabel atau wireless connection, apabila ada kesalahan dalam penyampaian informasi mohon untuk dikoreksi.

Seorang mahasiswa teknik yang tertarik dalam dunia digital dan ingin berbagi ilmu ke banyak orang.


EmoticonEmoticon