Saturday, November 16, 2019

5 Macam Klasifikasi Jaringan Komputer

5 Macam Klasifikasi Jaringan Komputer

5 Macam Klasifikasi Jaringan Komputer
Klasifikasi Jaringan Komputer
Jaringan komputer konsep awalnya sangatlah sederhana, pada tahun 1940-an ada sekelompok ahli yang mengembangkan proyek yang dilakukan di Amerika Serikat. Sampai pada tahun 1950-an, barulah konsep jaringan komputer pertama kali diterapkan. Pada awalnya hanya ada 10 komputer saja yang bisa terhubung dalam satu jaringan komputer.

Sampai sekarang teknologi jaringan komputer terus berkembang. Berbagai macam perangkat jaringan komputer sudah sangat mudah ditemukan dan harganya pun ter jangkau. Hal ini mempertegas bahwa era digital merupakan zaman di mana manusia dipermudah untuk berkomunikasi dan mengakses informasi.

Klasifikasi Jaringan Komputer

Semakin maju teknologi jaringan komputer, ahli IT kemudian meklasifikasi jaringan komputer dalam lima bagian. Berikut 5 macam klasifikasi jaringan komputer

Berdasarkan Geografis

Secara geografis jaringan komputer terbagi dalam empat kelompok yaitu, Personal Area Network (PAN), Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN).
Baca Juga : Pengertian Router Dalam Jaringan Komputer

Masing-masing dari keempat kelompok jaringan tersebut memiliki karakteristik berbeda. Secara singkat bisa dijelaskan bahwa klasifikasi jaringan komputer berdasarkan geografis itu berarti mengelompokkan jaringan komputer berdasarkan cakupan area yang dapat disebarkan oleh jaringan komputer.

Misalnya jaringan local area network jangkauan area jaringan tersebut kurang lebih bisa mencapai 1-5 kilometer. Sedangkan untuk MAN dan WAN jangkauannya jauh lebih luas.

Berdasarkan Fungsi

Dapat dikelompokan dalam dua jenis yaitu jaringan klien-server (client-server) dan jaringan ujung ke ujung (peer to peer).

Klien-Server

Jaringan klien-server biasa diterapkan di kantor atau perusahaan yang membutuhkan layanan server. Dalam jaringan ini ada sebuah komputer server yang menyediakan beberapa layanan jaringan untuk dapat diakses oleh klien yang membutuhkan.

Satu komputer server dapat menyediakan lebih dari satu layanan misalnya web server, mail server, dll. Tapi untuk alasan keamanan dan kenyamanan biasanya dalam jaringan klien-server menyediakan lebih dari satu server. Jadi, layanannya bisa diakses di komputer server yang berbeda. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kerja komputer server tidak terlalu berat.

Peer to Peer

Konsep jaringan ini adalah untuk menghubungkan banyak komputer untuk dapat melakukan sharing data dan berkomunikasi dengan masing-masing komputer yang terhubung. Jaringan ini biasanya disebut dengan workgroup.

Dalam jaringan ini tidak membutuhkan komputer server. Proses berbagi data dan komunikasi semuanya diatur oleh masing-masing komputer.

Berdasarkan Topologi

Dalam jaringan komputer umumnya ada lima topologi jaringan yang sering digunakan.
  1. Topologi Bus
  2. Topologi Star
  3. Topologi Ring
  4. Topologi Mesh
  5. Topologi Tree

Berdasarkan Distribusi Sumber Data

5 Macam Klasifikasi Jaringan Komputer
Jaringan Terpusat dan Jaringan Tersebar
Tadi sudah sedikit disinggung tentang jaringan klien-server. Dijelaskan bahwa jumlah komputer server dapat lebih dari satu. Dengan masing-masing server memiliki layanan dan tugas berbeda. 

Konsep ini ternyata dikembangkan dan dapat dikelompokkan menjadi jaringan terpusat dan jaringan tersebar.

Jaringan Terpusat

Dalam jaringan ini hanya ada satu komputer server yang menyediakan layanan. Satu komputer server tersebut dapat melayani banyak komputer klien. Sesuai namanya jaringan ini terpusat di satu komputer server tersebut.

Biasanya ada banyak masalah yang sering terjadi terutama kinerja server yang berat karena harus memberikan banyak layanan dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, dibutuhkan komputer server dengan spesifikasi bagus untuk menjalankan semua layanan yang dibutuhkan.

Jaringan Tersebar

Jaringan ini memungkinkan jumlah komputer server lebih dari satu. Letak masing-masing server tidak harus dalam satu tempat bahkan dapat diletakkan di ruang berbeda. Masing-masing server akan melayani banyak komputer klien yang berbeda.

Berdasarkan Media Transmisi Data

Menurut media transmisi data jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua yaitu jaringan nirkabel dan jaringan wireless.
Jaringan nirkabel merupakan koneksi jaringan menggunakan kabel sebagai media penghubung antar perangkat. Jenis kabel yang digunakan dalam jaringan ini ada UTP, STP,  Coaxial, Fiber Optic, dll. Salah satu kesulitan dalam membangun jaringan nirkabel adalah harus teliti dalam memasang kabel supaya terlihat rapi. Selain itu waktu dan biaya yang dibutuhkan juga cukup besar.

Jaringan wireless merupakan teknologi jaringan komputer dengan memanfaatkan sinyal sebagai media penghubung antar perangkat. Teknologi jaringan wireless saat ini sudah cukup banyak digunakan di berbagai tempat.

Pembahasan lebih lengkap tentang teknologi jaringan wireless bisa dibaca di artikel Mengenal Teknologi Jaringan Wireless.

Sekian pembahasan kali ini, apabila ada kesalahan mohon dikoreksi di kolom komentar.

Seorang mahasiswa teknik yang tertarik dalam dunia digital dan ingin berbagi ilmu ke banyak orang.


EmoticonEmoticon