Thursday, October 24, 2019

Pengertian Router Dalam Jaringan Komputer dan Fungsinya


Pengertian Router Dalam Jaringan Komputer Tugas dan Fungsinya

Fungsi dan tugas router dalam jaringan komputer
Router
Jaringan komputer sejatinya adalah sekumpulan perangkat keras yang saling terhubung. Dengan adanya koneksi jaringan, komputer dapat berkomunikasi dan bertukar data dengan sesama komputer atau perangkat lainnya. Agar jaringan dapat berjalan harus ada tali rantai yang menyatukan. Adapun salah satu tali rantai tersebut adalah perangkat keras jaringan komputer yang bernama router. Pada artikel ini penulis akan mengulas tuntas tentang pengertian router jaringan router, tugas dan fungsinya.

Pengertian Router

Router adalah penghubung antara jaringan internet atau WAN dengan jaringan lokal atau LAN, router bertugas mengirimkan paket data ke tujuannya, atau secara harfiah router bertindak sebagai gateway. Ketika belajar konfigurasi router sobat akan bertemu dengan yang namanya routing. Lantas apa itu routing?Routing adalah proses router mengolah atau menentukan tujuan paket data yang diterimanya, dengan kata lain routing dapat dikatakan merupakan makna dari konfigurasi router. Konfigurasi tersebut tidak otomatis ada didalamnya, sebelumnya router harus dilakukan konfigurasi terlebih dahulu, untuk melakukan konfigurasi router maka Anda perlu tahu cara mengakses router.

Baca Juga : 4 Cara Mengkases Router Mikrotik

Konfigurasi router atau routing merupakan tugas seorang administrator jaringan. Setiap router sudah pasti memiliki konfigurasi yang berbeda, umumnya disesuaikan dengan kebutuhan jaringan. Oleh karena itu, tidak sembarang orang dapat melakukan routing. Sobat harus paham tentang pengalamatan ip address.

Prinsip Routing

Pada kenyataannya prinsip routing adalah memperkecil jaringan yang berskala besar dengan tujuan mempermudah mengelolanya. Memperkecil disini berarti memecah atau mengelompokan jaringan, seperti satu ruangan atau satu kantor. Memecah jaringan biasa dikenal dengan nama segmentasi jaringan. Dikenal ada dua cara yang dapat dilakukan untuk segmentasi jaringan yaitu dengan router atau switch. Perhatikan gambar berikut.
Pengertian Router Jaringan Komputer dan Fungsi
Segmentasi Jaringan
Perhatikan, gambar 1 adalah segmentasi jaringan dengan menggunakan router sedangkan gambar 2 menggunakan switch. Kedua jaringan tersebut sama-sama mengelompokan jaringan siswa dengan guru, lantas apa perbedaannya?

Baca Juga : Pengertian dan Cara Kerja Switch dalam Jaringan Komputer

Letak perbedaannya ada pada keamanan jaringan tersebut. Segmentasi jaringan dengan switch lebih rentan karena apabila ada siswa yang berhasil meretas router maka kemungkinan besar dia bisa mendapatkan data guru. Kenapa bisa terjadi? Karena network tersebut hanya dipisah oleh switch yang sama-sama terhubung dengan satu interface router yang sama sehingga apabila router tersebut diakses maka dia bisa masuk ke network guru.

Berbeda dengan gambar 1 dimana network tersebut dipisah oleh interface router. Keamanannya jauh lebih baik karena apabila siswa dapat meretas router maka dia hanya bisa masuk ke jaringan siswa, apabila dia berusaha meretas network guru maka akan terhalang oleh keamanan router. Tapi bukan berarti data guru bisa aman karena apabila peretas tersebut sudah mahir, kemungkinan network guru-pun bisa diakses.

Ada tiga kriteria untuk melakukan segmentasi jaringan menggunakan router yaitu:
  1. Berdasarkan letak geografis
  2. Berdasarkan pengguna host
  3. Berdasarkan kepemilikan host

Tugas Router Sebagai Gateway

Diawal sudah saya singgung tentang router bertindak sebagai gateway. Ya sebenarnya inilah tugas router itu sendiri. Gateway atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah gerbang, jadi router didalam jaringan bertugas sebagai gerbang atau gateway antara network yang berbeda. Agar lebih mudah dipahami saya akan menggunakan topologi jaringan yang tadi.
Pengertian router
Contoh Jaringan
Sekarang mari sama-sama pahami topologi tersebut. Posisi router ditengah bukanlah penyebab dia sebagai gateway. Ingat, ada dua network yang terhubung dengan router tersebut yaitu siswa dan guru. Kedua network tersebut memiliki konfigurasi berbeda, network guru secara fisik terhubung dengan ether 3 dengan alamat ip 200.200.13.1/24 sedangkan network siswa secara fisik terhubung dengan ether 4 dengan alamat ip 200.200.14.1/24.

Apabila komunikasi satu network terjadi, misalnya pc siswa berkomunikasi atau mengirimkan data dengan sesama pc siswa maka akan langsung dikirimkan tanpa melewati router karena itu masih dalam jangkauan satu network sehingga cukup mudah bagi switch untuk mengetahui tujuan paket dikirim. Begitu pula yang terjadi pada pc guru, jika sama-sama berkomunikasi dengan pc guru, prinsipnya sama.

Sedangkan komunikasi beda network (2 network) disini router berfungsi sebagai perantara dan gerbang atau gateway. Dalam suatu jaringan setiap client/pc harus tahu siapa yang bertindak sebagai gateway. Nah, pada gambar diatas yang bertindak sebagai gateway adalah 200.200.13.1 dan 200.200.14.1 .Sehingga ketika pc siswa dan pc guru berkomunikasi maka akan dilakukan proses routing.

Jaringan Dan Network

Dalam dunia jaringan ada beberapa istilah yang kadang membuat bingung. Contohnya pada artikel ini penulis menggunakan kata jaringan dan network. Apabila diartikan dalam bahasa Indonesia, network berarti jaringan, tapi network disini tidak sama dengan jaringan.

Jaringan adalah kumpulan network dan network adalah bagian dari jaringan. Jika dibedah jaringan memiliki beberapa jenis yakni PAN, LAN, MAN, WAN. Masing-masing memiliki perbedaan terutama dalam jangkuan area. Didalam jaringan tersebut terdapat bagian yang dinamakan network.

Jangan dibuat pusing dengan istilah ini,intinya apabila Anda mendengar kata jaringan berarti sebuah kumpulan network.

Fungsi Router

Secara garis besar fungsi router adalah:
  1. Meneruskan atau mengirimkan paket data ke tujuan
  2. Sebagai gerbang jaringan
  3. Menyediakan fitur atau layanan jaringan
  4. Mengatur pengalamatan jaringan
  5. Melakukan proses routing
Demikian penjelasan tentang pengertian router dalam jaringan komputer dan fungsinya apabila ada kekurangan dalam penyampian informasi atau kesalahan mohon untuk dikoreksi dengan berkomentar agar segera kami perbaiki.

Seorang mahasiswa teknik yang tertarik dalam dunia digital dan ingin berbagi ilmu ke banyak orang.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon